Sujiwo Apresiasi Kehadiran Garuda Kubu Raya

Info Gambar :

PROKOPIM KUBU RAYA – Wakil Bupati Kubu Raya Sujiwo mengapresiasi terbentuknya Gerakan Pemuda Desa Kubu Raya (Garuda Kubu Raya). Menurutnya, organisasi tersebut dapat menjadi wadah untuk para pemuda mengekspresikan ide-ide. Khususnya berbagai ide dalam membantu pemerintah daerah melakukan percepatan pembangunan yang berdampak langsung kepada masyarakat.

“Pimpinan daerah akan memberikan dukungan. Tetapi yang yang lebih penting adalah Gerakan ini tunjukkan dulu, bertemu bupati secara intens. Ada program apa, rencana apa, dan mau melakukan apa,” tuturnya saat menghadiri kegiatan diskusi Garuda Kubu Raya di Aula Kantor Camat Sungai Ambawang, Minggu (9/8). 

Ia mengatakan pemuda punya peran besar sebagai penentu nasib bangsa ke depan. Sebab pemuda memiliki sejumlah kelebihan. Seperti idealisme, spontanitas, inovasi dan kreativitas, dan kemandirian. Dengan berbagai kelebihan itu, pemuda dapat menggerakkan berbagai potensi dan sumber daya yang ada di masyarakat.  

“Kenapa para tokoh nasional dan tokoh dunia sering memberikan posisi kepada pemuda? Karena memang selayaknya usia-usia pemuda itu usia produktif,” ujarnya.

Dirinya mengajak Garuda Kubu Raya untuk segera memulai aksi. Yakni dimulai dari aksi di lingkungan terkecil di masyarakat. Untuk kemudian secara bertahap meningkatkan skala kegiatan di lingkup yang lebih besar.  

“Apalagi ini merupakan suatu Gerakan. Gerakan itu adalah aksi nyata. Kalau sudah berani mendeklarasikan suatu Gerakan, ya ini adalah aksi nyata yang sifatnya positif dan konstruktif,” sebutnya. 

Secara khusus dirinya mengingatkan pengurus Garuda Kubu Raya untuk mengembangkan sikap kemandirian. Tidak semata bergantung kepada dukungan pihak manapun termasuk pemerintah daerah. Karena menurutnya ada banyak kegiatan bermanfaat yang dengan mudah dapat dilakukan oleh Garuda Kubu Raya. 

“Tetap jangan terlalu berharap bantuan dari pemerintah daerah kemudian sama sekali tidak ada aksi dan gerakan. Lakukan gerakan-gerakan sederhana dulu. Banyak sekali yang bisa dilakukan,” ajaknya. 

Sujiwo menuturkan, jika Garuda Kubu Raya telah mulai berkiprah di masyarakat, maka semua mata akan memandang. Dan pemerintah daerah pun dapat lebih mudah mengoptimalkan dukungan melalui keterlibatan pihak-pihak swasta. 

“Ketika Garuda Kubu Raya sudah menunjukkan aksi yang dirasakan manfaatnya oleh publik, maka akan dapat dicarikan orang tua asuh melalui dana tanggung jawab sosial atau CSR perusahaan. Ke depan, Gerakan ini juga perlu diaktakan. Sehingga nantinya bisa mendapatkan bantuan dari anggaran daerah atau negara,” terangnya. 

Camat Sungai Ambawang Satuki menyebut para pemuda adalah agen perubahan di masyarakat. Yakni perubahan dalam pola pikir, pola sikap, dan pola perilaku. 

“Saya sangat berharap para pemuda dalam Garuda Kubu Raya ini keberadaannya selalu menjadi suatu yang didambakan di masyarakat. Agar permasalahan-permasalahan yang terdapat khususnya di Sungai Ambawang bisa cepat kita atasi bersama,” ucapnya. (rio)

JARINGAN SKPD